Kamis, 10 Januari 2013

rujak tolet


ternyata Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas daerah, salah satu diantaranya adalah rujak.
Rujak Tolet yang dari Surabaya ini belum pernah aku temui ketika beberapa tahun lalu aku masih sering main ke Surabaya, saudara-saudaraku pun juga jarang menawari aku rujak tolet ini jika aku sedang berada di Surabaya karena mereka lebih sering menawari rujak cingur yang konon sudah terkenal itu...






berhubung aku belum pernah membeli maupun mencicipi yang namanya rujak tolet ini, maka sewaktu melihat foto rujak tolet ini di Majalah Online Rasa Indonesia, aku  pengen banget bikin dan kebetulan juga untuk mengawali tahun 2013 ini, challenge #8 di Indonesian Food Blogger adalah Rujak, jadi ada kesempatan untuk membuat sekaligus mencobanya... :)


sekilas membaca resep sambal dari rujak tolet ini, cukup penasaran juga, bagaimana sih rasanya koq ada rujak yang tidak memakai sambal (gula jawa, garam, terasi, dan lain-lain), seperti layaknya sambal-sambal rujak yang lain dan hanya memakai kecap manis, bawang goreng dan tentu petis sebagai khas masakan di daerah Surabaya (Jawa Timur).


Rujak tolet yang aku buat ini, buah-buahannya tidak sekomplit yang ada di resep alias aku sesuaikan dengan buah-buahan yang tersedia karena kebetulan saat membuat rujak tolet ini kota Semarang sering turun hujan, jadi tidak memungkinkan untuk membeli buah-buahan di pasar (alasan !! :D )


berikut aku tuliskan  resep Rujak tolet nya yaaa...






Rujak Tolet
source : Yulyan Parwati via Majalah Online Rasa Indonesia


Bahan  buah :
50 gr mentimun , potong tipis
50 gr pepaya, potong tipis
50 gr nanas , potong tipis
50 gr bengkuang , potong tipis
50 gr kedondong , potong tipis
50 gr mangga muda , potong tipis
2 buah tahu, goreng, potong-potong

bahan sambal :
2 buah bawang putih, iris tipis, goreng
2 buah cabai rawit , iris tipis
3 sdt petis kualitas bagus
1 sdm kecap manis

cara membuat :
siapkan piring
masukkan bawang putih , cabai rawit dan petis, gerus kasar dengan sendok, tuangi kecap manis.
sajikan buah dengan sambal rujak





 * versi dwek  *

buah-buahan yang dwek pakai :
kedondong
bengkuang
melon
semangka

cara membuat :
dwek gerus dahulu irisan bawang putih goreng dan cabai rawit hingga agak agak, tambahkan petis, campur rata, kemudian tuangi kecap, campur hingga rata dan sambal siap dipakai / dicocol dengan buah maupun krupuk :)











setelah mencoba rujak tolet ini, waaaaa..... rasanya khas banget petisnya, makanya benar sekali jika kita harus memilih petis dengan rasa yang enak karena rasa dari rujak tolet ini ditentukan oleh rasa petisnya....
 :)




2 komentar:

Erikasari mengatakan...

waaa..udah setoran ya mba...di rumah cuma aku sendiri yang doyan rujak, jadi nggak semangat bikinnya euy :)

dapur dwek mengatakan...

iya mbak, mumpung koneksi internetnya lagi bagus... :)
ini pun dipaksain bikin rujak meskipun lagi musim hujan...
ayo mbak erika, cepetan bikin utk sendiri aja :D

Posting Komentar