Rabu, 10 Desember 2014

kerang asam pedas


aku termasuk penyuka kerang dara, mau dimasak apapun pasti aku suka, tapi sebenernya aku jarang banget masak kerang yang dengan kulitnya, biasanya beli yang sudah kupasan, tapi ada kalanya aku pengen masak kerang dengan kulitnya dan menikmati seperti kalau makan di seafood, gleekh....

kali ini yang aku masak adalah kerang asam pedas yang resepnya aku liat dari majalah Sedap karena sesekali pengen masak kerang yang agak beda.
di majalah Sedap kerang yang digunakan adalah kerang bambu, sedangkan aku menggunakan kerang dara.
jadi untuk teman-teman yang ingin membuat bisa menyesuaikan kerangnya.
berikut resepnya yaaa...





Kerang Asam Pedas
dengan penyesuaian


bahan :
 400 gr kerang dara
1/2 sdt garam
3 buah tomat hijau , potong-potong
2 lb daun salam
1 sdt garam
1/2  sdt gula pasir
2 cm lengkuas , memarkan
300 ml air
1 sdm air asam jawa dari 1 sdt asam jawa dilarutkan dalam 1 sdm air
2 sdm minyak , untuk menumis

bumbu tumbuk kasar :
5 buah ccabai rawit merah , bakar

3 buah cabai merah keriting , bakar
6 butir bawang merah , bakar
2 siung bawang putih , bakar
2 cm kunyit , bakar

cara membuat :
lumuri kerang dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit
panaskan minyak goreng, tumis bumbu tumbuk kasar, daun salam dan lengkuas sampai harum.
masukkan kerang, aduk rata, tambahkan tomat hijau, aduk sampai layu.
masukkan garam dan gula pasir, aduk rata, tuangi air dan air asam, masak sampai matang.






enjoy it ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar