Rabu, 23 Desember 2015

paklay






aku mengenal masakan paklay ini dari Ibundaku dan langsung sukaaa...
jika boleh request masakan, pasti aku minta dibuatkan paklay ini namun sayang, sekarang usia Ibundaku sudah sepuh hampir 81 tahun jadi nggak mungkin aku request masakan kepada beliau, justru aku yang memasak untuk beliau :)

paklay ini merupakan masakan pecinan. aku banyak mengenal masakan serta resep masakan luar Indonesia dari Ibundaku karena semasa muda beliau bekerja di daerah pecinan dan teman-temannya pun juga ada beberapa warga keturunan, sedangkan untuk makanan luar Ibundaku banyak belajar dari orang tua dan keluarganya yang pernah hidup di jaman Belanda, heheheee....

paklay ini tidak berbeda jauh dan sop , cuma ada tambahan jahe dalam bumbunya
untuk takaran resep bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dan berikut resep paklay ala Ibundaku...



Paklay


bahan :
3 buah wortel , iris serong
1/4 bagian kol , potong-potong
3 buah ampela hati ayam , cuci bersih
daun pre , iris
1 lt air
2 sdm minyak goreng , untuk menumis

bumbu :
bawang bombay
merica secukupnya
2 butir bawang putih
1 ruas jahe , geprek
garam secukupnya

cara membuat :
rebus ampela hati ayam , saring airnya dan potong-potong ampela hati ayam, sisihkan
uleg bawang merah, bawang bombay, merica dan garam kemudian tumis hingga harum
masukkan wortel , jahe dan air, aduk rata dan masak sampai wortel agak empuk
tambahkan potongan ampela ati ayam dan kol, aduk rata dan tes rasa.
angkat dan sajikan.






enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar