Kamis, 15 Oktober 2015

mie ongklok ~ wonosobo






mie ongklok ini merupakan masakan khas dari Wonosobo, namun meskipun aku belum pernah ke Wonosobo dan belum pernah merasakan langsung mie ongklok ini jadi aku tidak tahu pasti apakah mie ongklok yang aku buat ini sesuai dengan mie ongklok yang asli Wonosobo itu karena resep yang aku dapat hasil googling disini karena banyak sekali resep mie ongklok di internet, jadi bingung mau pilih yang mana ^_^




berikut resep mie ongklok versi Dapur Dwek karena untuk pemakaian daging sapinya aku ganti dengan daging ayam
untuk penggunaan bumbunya bisa disesuaikan dengan selera jika di dalam resep ini masih terasa kurang.



Mie Ongklok


bahan :
300 gram mi basah / mi telur , rebus
3 sdm minyak untuk menumis

bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
½ sdt merica butir
1 sdt garam
100 gram daging sapi rebus, potong-potong   * dwek pakai daging ayam *
4 lembar daun kol, iris-iris
½ ikat daun bawang kucai, iris 2 cm
750 ml kaldu daging
3 sdm kecap manis
1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

cara membuat :
panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum
masukkan potongan daging rebus. tambahkan kol, daun bawang kucai dan kaldu daging, masak sampai mendidih.
bubuhkan kecap manis, masukkan mi basah , aduk-aduk, kentalkan dengan larutan tepung kanji , angkat dan sajikan hangat





enjoy it ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar